PROMO TOPIK
02-22-2016 Dilihat: 2,665
02-09-2016 Dilihat: 2,327
02-08-2016 Dilihat: 2,908
08-11-2015 Dilihat: 3,422
07-05-2015 Dilihat: 2,112


Share:Facebook Twitter
Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
jodiwruck
Internet Exchange di Indonesia
[Image: Internet_Exchange_ISP.png]
Kenapa harus menggunakan Internet Exchange? Banyak alasan dan semua sudah pasti mendukung Anda untuk selalu memilihnya. Di Indonesia sendiri  Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia telah mengaplikasikan sistem exchange poin in sejak lama dimana hal ini juga merupakan salah satu bagian dari kewajiban program layanan umum yang harus ditaati oleh semua internet service provider yang ada di Indonesia. Tak sulit bagi pihak  Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia dan ISP untuk melakukannya, karena memang pada dasarnya program ini sangat membantu kedua belah pihak dan juga penggunan layanan internet service provider tersebut.

Dasar dari sistem kerja Nusantara Internet Exchange atau NIE(IEP milik Indonesia) adalah mengurangi data traffic cost yang harus dibayar oleh pihak Internet service provider dan juga penggunanya saat mereka berinteraksi dengan para pengguna Internet service provider yang berbeda dengan mereka. Dimana seperti yang telah diketahui untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya, sebuah pengguna internet service provider harus melalui jalur internasional jika provider ya ng mereka gunakan tidak terhubung langsung dengan provider berbeda yang digunakan pengguna yang dituju. Sebagai contoh jika kita ingin mengirim email melalui provider A ke pengguna lain yang menggunakan provider B, email yang kita kirim akan terlebih dahulu melalui jalur yang terdapat di Negara lain dimana provider tersebut terhubung langsung. Selanjutnya provider tersebut akan mengirimkan email kita ke beberapa jalur lain di Negara tersebut sebelum dikirim kembali ke pengguna yang kita tuju nantinya.

Bias dibayangkan berapa jauh hubungan dan jalur yang terjadi hanya untuk sekali email. Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia membangun program tersebut untuk menghemat biaya pengiriman karena tak harus melalui jalur internasional untuk terhubung dengan internet service provider lainnya. Keuntungan kedua dari penggunaan Nusantara IEP ini adalah lebih cepatnya terkoneksi dengan internet service provider lain yang tentu saja disebabkan karena jarak yang ditempuh lebih dekat mengingat tidak harus melalui jalur internasional terlebih dahulu. Dengan begitu berkomunikasi melalui jalur nasional akan lebih cepat serta menghemat biaya.

http://www.nexdatacenter.com/solution/internet-exchange
Kutip

Komentar
Untuk komentar silahkan ...
---atau---

Loncat forum ke: