PROMO TOPIK
02-22-2016 Dilihat: 3,988
02-09-2016 Dilihat: 3,312
02-08-2016 Dilihat: 4,149
08-11-2015 Dilihat: 4,458
07-05-2015 Dilihat: 2,979


Share:Facebook Twitter
Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
mrkrab
Alasan barang dari Tiongkok/China Murah
Perekonomian China telah diakui dunia menjadi perekonomian yang sangat kuat. China berhasil menjadi salah satu negara yang mengekspor banyak barang ke seluruh dunia. Bahkan beberapa perusahaan ternama dunia, seperti Apple dan Samsung juga telah menggunakan beberapa komponen yang berasal dari China.
Namun terdapat satu hal yang unik dari China, yakni barangnya  yang selalu ditawarkan dengan harga murah. Padahal umumnya, negara dengan ekonomi identik dengan barang yang mahal, namun China justru menguasai pasar dunia berkat barang yang dijual dengan sangat murah. Mengapa China mampu melakukan hal tersebut sedangkan negara lain tidak? Berikut beberapa faktor yang menyebabkan China mampu memproduksi barang dengan harga murah:

1. Biaya pekerja yang murah
Tahukah kamu bahwa pekerja di China sebenarnya dibayar dengan sangat murah? Jumlah SDM mereka yang sangat melimpah membuat banyak orang yang rela melakukan apa saja untuk mendapatkan pekerjaan, meskipun pekerjaan tersebut sebenarnya tidak memberikan bayaran yang pantas. Jumlah keluarga miskin di China yang semakin meningkat membuat peningkatan pada tersedianya pekerja pabrik yang rela dibayar murah.
..... (bagian titik2, utk detail cek link di bawah)

2. Monopoli
Seluruh pekerja yang ada di China berada dalam naungan All-China Federation of Trade Unions atau ACFTU. ACFTU adalah serikat pekerja China yang dibuat oleh pemerintah. Ini adalah satu-satunya serikat pekerja yang ada di China. Meskipun tampak seperti sebuah serikat pekerja, namun ACFTU justru menimbulkan persaingan yang tidak sehat dalam dunia bisnis dan juga membuat pekerja sering kehilangan hak-hak mereka akibat tekanan pihak perusahaan yang lebih diutamakan ACFTU.
Meskipun telah sering diadakan demonstrasi sebagai bentuk penolakan terhadap ACFTU sejak beberapa tahun terakhir, namun pada kenyataannya pemerintah China tetap mempertahankan lembaga ini.

3. Tidak ada asuransi bagi pekerja
Perusahaan di China terbilang kejam. Meskipun tidak seluruhnya, namun kebanyakan perusahaan di China tidak memberikan hak-hak para pekerja dengan baik. Salah satu hak pekerja yang tidak diberikan oleh banyak perusahaan China adalah asuransi diri. ...


4. Mengabaikan lingkungan
Setiap perusahaan seharusnya mengawasi jalannya perusahaan terhadap dampak lingkungan sekitar. Namun hal ini sepertinya tidak berlaku di China. Banyak perusahaan yang menghapuskan biaya pengendalian dampak lingkungan dari anggaran mereka hanya untuk menghemat biaya. Hal ini tentu saja berdampak pada lingkungan sekitar.
...

5. Pajak
Faktor lain yang membuat barang-barang China menjadi lebih murah adalah tarif pajak penambahan nilai atau Value Added Tax (VAT). Setiap perusahaan di China yang berhasil mengekspor barangnya keluar negeri akan mendapatkan kembali pajak tersebut.
Misalnya saja ketika Amerika mengimpor barang dari China, maka Amerika harus membayar VAT. Namun Amerika tidak memiliki VAT untuk membebankan impor China. Pengembalian pajak ini biasanya dilakukan oleh pemerintah.

6. Dumping
Dumping adalah salah satu trik dalam perdagangan internasional untuk menambah kuota eskpor China. Metode ini sebenarnya sangat tidak sehat dan mendapat banyak protes dari beberapa negara pengimpor. Dumping adalah kondisi dimana China melakukan ekspor dengan harga murah bahkan meskipun biaya produksi barang tersebut lebih mahal.
...

7. Mengkopi
Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa China adalah negara pengkopi terbesar di dunia. Ya, China melakukan begitu banyak penjiplakan produk pada produk-produk ternama. Mereka akan mengambil desain produk tersebut, kemudian membuat produk yang hampir sama dengan mengubah nama produk tersebut sesuai dengan keinginan.
...

8. Kebijakan pemerintah
Faktor lain adalah kebijakan dari pemerintah yang sangat berpihak pada perusahaan China namun merugikan perusahaan pendatang. Misalnya saja ketika sebuah perusahaan asing ingin memasukkan produknya ke China, maka perusahaan tersebut harus memiliki beberapa pekerja asal China di dalam perusahaannya. Tak hanya sebagai pekerja, namun harus menempatkan pekerja tersebut pada posisi yang penting dan berpengaruh di perusahaan.
...

di sadur dari :
https://www.simulasikredit.com/mengapa-b...ina-murah/

tambahan 

9. Mesin produksi buatan sendiri
Ya, mereka membuat mesin sendiri, alih-alih sibuk nyinyir di media sosial, mereka justru sedang sibuk memproduksi mesin produksi sendiri, lalu dijual keseluruh penjuru negeri, tentu dengan harga yang lebih murah. Harga yang lumayan miring membuat kita justru berpikir kalau barang murah tentu kualitasnya rendah. Sementara kita sibuk membuang uang bermilyar-milyar untuk membeli barang produksi dari Eropa atau Amerika yang hanya di suguhi lisensi di 'kotak kerdus' nya.

10. Mata Duitan
Pokoknya yang bisa dijadikan duit, jadikan, apapun itu, asal bisa menghidupi rakyat. Angkatan kerja yang besar memerlukan proyek-proyek yang besar. Semua investor diajak untuk investasi untuk memenuhi proyek serta lapangan pekerjaan baru untuk rakyat. Pemikiran yang sederhana, tapi kalau konsisten, bisa sedikit mendorong kita, sebagai negara konsumen termotivasi untuk melakukan hal yang sama.

sumber : https://www.kompasiana.com/issamrayhan/5...ebih-murah

nah, yg dibawah tambahan dr saya sendiri dah

11. kondisi geografis
china negara besar dng wilayah yg luas, khusus china daratan adl satu daratan yg luas. hal ini lebih memudahkan efisiensi distribusi barang & bahan2.
posisi strategis,
di timur ada dua negara maju jepang & korea, agak jauh dikit ke timur ada kanada & amerika
ke utara & barat, ada rusia & eropa
dari posisi ini bbrp negara maju ntah membuat pabrik di negara ini.
trus ke selatan, barat daya, tenggara meski tdk begitu maju, adl negara2 utk wilayah pemasaran, ato mungkin suport bahan mentah.
Kutip

Komentar
Untuk komentar silahkan ...
---atau---

Loncat forum ke: