PROMO TOPIK
02-22-2016 Dilihat: 2,299
02-09-2016 Dilihat: 2,038
02-08-2016 Dilihat: 2,449
08-11-2015 Dilihat: 2,933
07-05-2015 Dilihat: 1,783


Share:Facebook Twitter
Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
WinnerOne
5 Strategi Jualan Online Tanpa Perang Harga
[Image: 5-Strategi-Jualan-Online-Tanpa-Perang-Harga.jpg]

Era digital kini sudah menjamur dimanfaatkan oleh toko-toko retail dalam meningkatkan jumlah penjualan. Ini dibuktikan dengan banyaknya penjual online yang memanfaatkan social media sebagai wadah dalam berpromosi. Dengan banyaknya penjual online, tentu saja persaingan juga semakin tinggi.

Dengan jumlah persaingan yang cukup banyak, maka banyak penjual yang melakukan perang harga dan mengklaim bahwa tokonya yang paling murah sehingga menimbulkan persaingan harga yang tidak sehat bagi para penjual. Sebenarnya ada strategi lain yang dapat kamu lakukan tanpa mengorbankan margin penjualan kamu. Berikut 5  strategi jualan online agar penjualan kamu laris manis:



  1. Tentukan Produk Market Fit
Sebelum kamu berjualan online, sebaiknya kamu melakukan research terlebih dahulu, seperti: 

  • Lakukan riset apakah barang yang akan kamu jual mempunyai pasar yang menjanjikan. Apabila produk yang kamu jual unik dan persaingan juga belum banyak, kamu dapat memanfaatkan peluang ini untuk menjual dengan harga lebih tinggi dan mendapat keuntungan lebih dari pasar yang niche Tapi hati-hati, barang yang unik bukan berarti akan dibeli banyak orang. Pastikan produk kamu benar-benar berdasarkan demandpasar

  • Tentukan target pasar yang akan disasar, apakah untuk konsumen menengah ke bawah atau menengah keatas. Target pasar akan berpengaruh pada harga produk yang akan dijual dan strategi promosi produk

  • Tentukan harga produk yang sesuai dengan target pasar. Jangan sampai kamu menjual harga terlalu mahal apabila yang kamu sasar konsumen menengah kebawah

  • Strategi promosi produk juga harus disesuaikan dengan target pasar kamu. Apabila kamu ingin memakai selebgram sebagai endorser produk kamu, pastikan bahwa endorser tersebut mempunyai follower yang sesuai dengan target pasar kamu
    2. Desain dan fitur toko onlineDesain tampilan dan fitur toko online kamu akan sangat berpengaruh dalam penjualan. Tampilan website atau tampilan social media yang terlalu mewah tidak akan membantu penjualan kamu apabila yang kamu sasar adalah konsumen menengah kebawah, begitu pula sebaliknya. Terlalu banyak fitur dan tampilan yang berantakan juga dapat membingungkan calon pembeli sehingga mereka batal membeli. Pastikan proses belanja dari mulai browsing sampai checkout pembayaran benar-benar simple dan mudah untuk diikuti konsumen.
  1. 3. Belajar Internet Marketing dan SEO
Strategi jualan online selanjutnya adalah mempelajari internet marketing dan SEO. Apa itu SEO? SEO (Search Engine Optimization) merupakan sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah website di hasil pencarian alami (sering disebut juga dengan pencarian tak-berbayar, pencarian non-iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari.
Simpelnya adalah SEO merupakan sebuah keyword yang banyak orang cari di situs pencarian seperti google, bing, UC browser, opera, dll.
SEO (Search Engine Optimization) banyak digunakan di dunia digital marketing untuk menaikkan website atau jualan online agar mampu bersaing di halaman satu google untuk memperoleh potensi penjualan yang besar. Mengapa ini begitu penting?

  1. 4. Foto produk yang menarik
Setelah kedua strategi jualan online diatas kamu lakukan, yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan foto produk yang menarik. Memberikan foto produk yang menarik adalah salah satu kunci sukses sebuah toko online. Lalu seperti apa foto yang berkualitas itu? Ini dia penjelasannya:
  • Kualitas foto produk jernih, terang, tidak pecah atau buram

  • Lengkapi foto produk dari segala sudut dan jangan bertumpuk. Pastikan setiap produk memiliki tampilan dari angle yang dapat dilihat jelas oleh calon pembeli

  • Ukuran foto harus seragam, pastikan ukuran foto produk sudah di resize sebelum diupload kedalam toko online kamu


      5. Pelayanan Customer Service

Strategi jualan online yang tidak kalah pentingnya adalah dengan memberikan pelayanan customer service kepada calon pembeli agar memudahkan mereka dalam berkomunikasi seputar produk jualan online kita. Semakin banyak channel pelayanan customer service yang bisa kamu berikan tentunya semakin baik pula dalam sisi user experience, baik itu melalui email, telepon maupun chat.  Konsumen di era digital seperti sekarang sudah mengharapkan layanan customer service 24 jam.
Kutip

Komentar
Untuk komentar silahkan ...
---atau---

Loncat forum ke: