PROMO TOPIK
02-22-2016 Dilihat: 2,236
02-09-2016 Dilihat: 1,976
02-08-2016 Dilihat: 2,352
08-11-2015 Dilihat: 2,856
07-05-2015 Dilihat: 1,718


Share:Facebook Twitter
Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
WinnerOne
5 Gaya Berpakaian Sunnah Ala Rasulullah
[Image: 5-Cara-Berpakaian-Sunnah-Ala-Rasulullah.jpg]
Fungsi dari berpakaian tidak hanya untuk menutupi aurat manusia, tetapi juga dapat membuat penampilan kamu jadi lebih menarik. Tidak hanya itu, pakaian juga dapat menghindari kita dari berbagai penyakit. Gaya berpakaian juga sebagai salah satu cerminan diri kita pada kehidupan, apa yang dikenakan dapat dianggap merupakan ekspresi dari jiwa.

Dalam islam, gaya berpakaian memiliki kedudukan tertinggi karena dapat  berfungsi untuk menutup aurat dan menjaganya. Bahkan, mendapat pahala jika kamu mengikuti gaya berpakaian secara sunnah berdasarkan ajaran Rasulullah SAW. Bagaimana gaya berpakaian Rasulullah? Ini dia caranya:

1. Memakai Pakaian Berwarna Putih
[Image: 5-Gaya-berpakaian-Sunnah-Ala-Rasulullah1.jpg]
Gaya berpakaian ala Rasulullah SAW yang pertama adalah menggunakan pakaian berwarna putih. Menggunakan pakaian berwarna putih dianggap lebih baik dibandingkan mengenakan pakaian warna lainnya. Namun, Rasulullah tidak pernah melarang umatnya untuk tidak menggunakan warna lain.

Rasulullah SAW bersabda “Pakailah oleh kalian dari pada pakaian-pakaian kalian yang berwarna putih. Karena, sesungguhnya pakaian berwarna putih adalah pakaian yang paling suci dan yang terbaik, dan kafanilah dengannya orang yang meninggal diantara kalian” (Shahih Al Jami: kitab Shahih Bukhari, koleksi hadish disusun oleh Imam Bukhari).

2. Berpakaian Gamis (Baju Kurung)


Tidak hanya mengenakan pakaian berwarna putih, Rasulullah SAW juga men-sunnahkan umatnya untuk menggunakan pakaian gamis (baju kurung). Baju gamis adalah pakaian yang langsung menutupi tubuh hingga mata kaki.
Ummu Salamah istri dari Rasulullah pernah berkata bahwa “Tidaklah ditemukan pakaian yang paling dicintai Rasulullah selain dari gamis”. Selain istri dari Rasulullah, para sahabat Rasulullah pun mengatakan hal yang sama yaitu “Sesungguhnya Rasulullah SAW sering memakai gamis yang lengannya pendek dan terkadang yang lengannya panjang” (HR. Ibnu Majah).




3. Mendahulukan yang Kanan


Selain dari segi pakaian, gaya berpakaian Rasulullah lebih mendahulukan bagian kanan dalam setiap keadaan.
Mengapa harus mendahulukan kanan?  Sebab, kedua tangan Allah Ta’ala adalah kanan, berdasarkan hadits Abdullah bin Amr bin Al-Ash: Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

إِنَّ الْمُقْسِطِينَ عِنْدَ اللَّهِ عَلَى مَنَابِرَ مِنْ نُورٍ عَنْ يَمِينِ الرَّحْمَنِ عَزَّ وَجَلَّ وَكِلْتَا يَدَيْهِ يَمِينٌ الَّذِينَ يَعْدِلُونَ فِي حُكْمِهِمْ وَأَهْلِيهِمْ وَمَا وَلُوا

“Orang-orang yang berlaku adil berada disisi Allah di atas Mimbar (panggung) yang terbuat dari cahaya, disebelah kanan Ar-Rahman Azza wa Jalla. Sedangkan kedua tangan Allah adalah kanan, yaitu orang-orang yang berlaku adil dalam hukum, adil dalam keluarga, dan adil dalam melaksanakan tugas yang di bebankan kepada mereka”. (HR. Muslim No. 3406)

4. Membaca Doa Setiap Memakai Baju Baru

Baju termasuk salah satu bentuk rezeki yang dilimpahkan oleh Allah SWT. Oleh karena itu, apabila kita membeli baju baru, sebelum mengenakannya bacalah doa agar baju tersebut menjadi lebih berkah.

Doa memakai baju:

اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ كَسَوْتَنِيهِ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَا صُنِعَ لَهُ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ


Alloohumma Lakal Hamdu Anta Kasautaniih, As-Aluka Min Khoiri Wa Khoiri Maa Huwa Lah. Wa’a-Uudzubika Min Syarrihi Wa Syarri Maa Huwa Lah

Artinya: Ya Allah, bagiMu segala puji, Engkau telah memberikan pakaian ini kepadaku. Aku memohon kepadaMu kebaikannya dan kebaikan yang tercipta baginya, dan aku berlindung kepadaMu dari keburukannya dan keburukan yang tercipta baginya.


5. Mendoakan Orang yang Mengenakan Pakaian Baru

[Image: 5-Cara-Berpakaian-Sunnah-Ala-Rasulullah-1.jpg]

Rasulullah SAW tidak hanya menganjurkan umatnya untuk membaca doa saat mengenakan baju baru, akan tetapi Rasulullah juga menganjurkan umatnya untuk mendoakan orang yang mengenakan pakaian baru.

Ummu Khalid RA mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah menerima hadiah baju dengan gambar-gambar warna hitam, beliau berkata, “Siapa di antara kalian yang ingin mengenakan baju ini?” orang-orang diam, dan Rasul berkata, “ Panggil Ummu Khalid ke sini!” Maka aku dibawa kepada Nabi dan aku dipakaikan pakaian itu kepadaku dengan tangan beliau sendiri. Beliau berkata, “Semoga kamu panjang umur sampai baju ini rusak dan usang.” Nabi mangatakan hal itu dua kali. (HR. Al-Bukhari).

Demikianlah informasi mengenai 5  gaya berpakaian Sunnah ala Rasulullah SAW. Sebagai kaum muslimin, kita harus senantiasa mengikuti anjuran yang diberikan oleh Rasullah. Selain akan memperoleh pahala, anjuran tersebut tentu juga akan berdampak baik bagi kehidupan kita di dunia.

Perlu diperhatikan juga dalam berpakaian hendaklah menggunakan pakaian yang sopan dan rapi, dengan menutupi aurat. Walaupun batasan aurat pada pria hanya sebatas pusar hingga perut akan tetapi, sebaiknya kamu menggunakan pakaian sebaik-baiknya umat.
Seperti yang dijelaskan di atas bahwa Rasulullah menyukai pakaian gamis yang dapat menutupi aurat, eBaba menghadirkan berbagai macam jenis dan model gamis dengan warna yang bervariasi. Selain gamis, Ebaba pun menyediakan berbagai macam kebutuhan fashion, alat ibadah, serta kebutuhan jasa lainnya untuk dapat melengkapi kehidupan umat muslim sehari-hari. Segera kunjungi ebaba.com untuk mendapat berbagai manfaat yang Insya Allah berkah.
https://ebaba.com/
Temukan inspirasi gaya berbusanamu hanya ebaba.com
Kutip

Komentar
Untuk komentar silahkan ...
---atau---

Loncat forum ke: