PROMO TOPIK
02-22-2016 Dilihat: 2,129
02-09-2016 Dilihat: 1,881
02-08-2016 Dilihat: 2,211
08-11-2015 Dilihat: 2,740
07-05-2015 Dilihat: 1,612


Share:Facebook Twitter
Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
risudarni
Thumbs Up  5 Komponen Yang Terlibat Dalam Proses Pembuatan Film
Pembuatan film merupakan kerja sama tim. Sehingga dalam pembuatan film membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Kebersamaan itulah yang menjadikan proses serta hasil pada film tersebut menjadi baik, baik dalam atau luar negeri.

Kekompakan sebuah tim yang menjadikan film tersebut menjadi berarti. Berikut 5 komponen yang terlibat dalam proses pembuatan film dalam negeri :

Rumah Produksi (Production House)

Production house indonesia sekarang semakin banyak. Dan memiliki peran penting dalam proses pembuatan film.

Production House (PH) merupakan wadah untuk para sineas film dalam pembuatan film. Karena PH merupakan rumah yang menyediakan fasilitas dalam pembuatan film. Seperti menyediakan sewa peralatan sgooting film.

Tidak hanya itu, PH menjadi penggerak maju film – film indonesia yang dapat dinikmati masyarakat.

Sebagai jasa pembuatan film, PH pun berkembang mengikuti jaman. Sehingga PH pun menyediakan pembuatan film – film animasi dan  menyediakan teknologi yang cangih, seperti CGI.

Di Indonesia sendiri sekarang banyak kita jumpai production house di Jakarta hingga kota-kota besar lainnya.

Scriptwriter

Penulis naskah pun turut andil dalam proses pembuatan film dalam negri. Diawali dari sebuah cerita yang ditulisakan, kemudian terbuatlah sebuah film yang dapat dinikmati oleh para pencinta film.

Tidak hanya memikirkan sebuah cerita, scriptwriter pun membuat script  film yang dapat dibaca dan dimengerti oleh sutradara, crew, dan pemain.

Dalam script film menjelaskan alur – alur dari setiap scene film, yang dimana hal ini akan menjadi rujukan dalam membuat breakdown shooting.

Oleh karena itu, scripwriter memiliki andil dalam pembuatan film.

Sutradara

Sutradara dalam sebuah film memiliki andil yang cukup penting. Sutradara dapat diibaratkan sebagai penjahit. Merajut setiap scene – scene yang dibutuhkan.

Maka dari itu, kenapa adanya nominasi sutradara terbaik. Karena tugasnya tidak hanya merapihkan. Namun, dia harus mengerti bagaiman merajut film tersebut tanpa melupakan irama dan emosi.

Crew

Crew merupakan orang di belakang layar yang menjadi aspek pendukung yang penting dalam pembuatan film.

Sutradara tidak akan bekerja sendiri dalam membuat sebuah film. Namun, membutuhkan orang – orang yang membantu dalam pembuatan film.

Penata make up, wardrobe, sounds, lighting, kordinator talent, dan lain = lain. Mereka yang menjadi motorik dari otak imajinasi sebuah sutradara akan film tersebut.

Bila sutradara yang mengvisualiasikan cerita yang dituliskan oleh scripwriter, para crew menjadi motorik sutradara dalam pembuatan film.

Pemain

Pemain merupakan komponen yang terlibat dalam pembuatan film. Pemain memiliki peran dalam menghidupakan sebuah cerita.

Sehingga dari cerita yang biasa menjadi bagus dan dapat dinikmati. Bhkan alur cerita yang bagus, dapat menjadi lebih bagus lagi.

Pemain ataupun aktor menjadi penting. Karena dia yang menterjemahkan kata – kata ataupun dialog dengan akting yang baik. Sehingga isi cerita dan maksud cerita dapat di mengerti. Dengan karakter – karakter yang di mainkan.
Suatu film yang bagus tidak bisa dikerjakan oleh satu orang saja. Ada banyak komponen yang terlibat di dalamnya.
Kutip

Komentar
Untuk komentar silahkan ...
---atau---

Loncat forum ke: