PROMO TOPIK
02-22-2016 Dilihat: 1,592
02-09-2016 Dilihat: 1,526
02-08-2016 Dilihat: 1,527
08-11-2015 Dilihat: 2,128
07-05-2015 Dilihat: 1,148


Share:Facebook Twitter
Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
birulaut
Pengertian Colocation Server dan Kelebihannya
[Image: Colocation_Jakarta.jpg]



Di zaman yang serba modern ini,  masyarakat semakin sadar akan pentingnya teknologi. Colocation server adalah salah satu bagian dari perkembangan teknologi. Istilah ini berkaitan dengan data center yang merupakan tempat penyimpanan data dalam satu tempat terpusat. Dari namanya saja bisa diketahui bahwa istilah ini diambil dari kata “co” dan "location" yang memiliki arti menyimpan. Istilah tersebut juga memiliki pengertian yang mengacu pada penitipan data pada pusat data atau data center yang mempunyai tingkat keamanan yang tinggi dalam struktur dan infrastrukturnya. Keamanan yang dimaksud adalah adanya pengatur suhu, anti api, kestabilan koneksi internet, dan lain sebagainya. Colocation sebagai tempat penyimpanan data harus benar-benar aman dari segala gangguan yang bisa meicu rusak atau hilangnya data. 

Biasanya demi melindungi dan menjaga keamanannya, colocation diawasi oleh penggunanya menggunakan cctv dan teknologi lainnya sejenisnya.  Colocation server ini diletakkan pada suatu rak khusus untuk komputer server yang tidak boleh terguncang, terkena air atau percikan api. Pada dasarnya, Colocation server merupakan suatu layanan khusus untuk memudahkan Anda dalam menempatkan server atau data komputer pada sebuah data center. Istilah ini juga seringkali disebut dengan nama penitipan data. Tujuan utama dari meletakkan server pada data center sebenarnya adalah untuk menjaga sekaligus memfasilitasi server Anda supaya bisa diakses secara online dengan mudah dimana saja dan kapan saja. Fasilitas tersebut juga meliputi data yang ada di dalamnya seperti program ataupun website yang Anda miliki. Dimana semua data server tersebut bisa diakses oleh semua orang dari penjuru dunia dengan mudah, cepat dan biaya yang murah.

Banyak orang yang menggunakan layanan server ini karena memang sangat terjangkau dan tidak menyulitkan penggunanya. Pasalnya pengguna hanya perlu membayar biaya sewa data center, bukan berdasarkan spesifikasi server seperti apa yang akan digunakan. Jadi, penggunaan server data dengan spesifikasi canggih, menengah ataupun rendah tidak akan mempengaruhi biaya bulanan Collocation server. Kondisi inilah yang membuat banyak orang menggunakan layanan ini sebagai tempat penyimpanan data.
Kutip

Komentar
Untuk komentar silahkan ...
---atau---

Loncat forum ke: