Tips efektif marketing online melalui internet
Ada banyak media sbg ruang pemasaran online, misal aja (sosmed) = facebook, twitter, (marketplace) = tokopedia, bukalapak, olx dll.
Media mana yg jadi pilihan utama?
Itu tergantung jenis produk/jasa anda, & karakteristik calon pembeli/customer.
Misal aja produk yg anda pasarkan kebanyakan melalui proses kirim2 (melalui jasa expedisi/pake), biasanya pembeli ingin merasa aman dalam transaksi. Utk ini tokopedia & bukalapak bisa jadi pilihan.
Sedang olx sendiri lebih cocok utk transaksi ketemu langsung
Sedang pemasaran via facebook, bisa juga menjadi pilihan dengan masuk di grup2 jual beli dengan kategori sesuai produk/jasa anda
Trus ada juga pembeli yang mencari referensi di pencarian google. Kadang situs seperti tokopedia, bukalapak, olx dll tdk nongol di pencarian google dng ‘kata kunci’ tertentu. Yg nongol malah dari website/blog. Nah, di sinilah barangkali anda perlu membackup cara pemasaran anda dengan membuat blog (gratis kok)
Malah utk usaha yg bersekala besar tidak jarang membangun website sendiri semacam e-commerce seperti bhinneka, mataharimall dll. Di tambah membayar iklan sebagai publikasi situs mereka.
Utk strategi tertentu anda jangan menggunakan satu media saja, hal ini utk antisipasi jika media yg anda gunakan sedang ada kendala teknis atau maintenance.
Jika ingin bertanya-tanya, silahkan. Akan kami bantu sebisanya.
Misal klo ‘produk ini’ cocok fokus di media mana ya?
Media mana yg jadi pilihan utama?
Itu tergantung jenis produk/jasa anda, & karakteristik calon pembeli/customer.
Misal aja produk yg anda pasarkan kebanyakan melalui proses kirim2 (melalui jasa expedisi/pake), biasanya pembeli ingin merasa aman dalam transaksi. Utk ini tokopedia & bukalapak bisa jadi pilihan.
Sedang olx sendiri lebih cocok utk transaksi ketemu langsung
Sedang pemasaran via facebook, bisa juga menjadi pilihan dengan masuk di grup2 jual beli dengan kategori sesuai produk/jasa anda
Trus ada juga pembeli yang mencari referensi di pencarian google. Kadang situs seperti tokopedia, bukalapak, olx dll tdk nongol di pencarian google dng ‘kata kunci’ tertentu. Yg nongol malah dari website/blog. Nah, di sinilah barangkali anda perlu membackup cara pemasaran anda dengan membuat blog (gratis kok)
Malah utk usaha yg bersekala besar tidak jarang membangun website sendiri semacam e-commerce seperti bhinneka, mataharimall dll. Di tambah membayar iklan sebagai publikasi situs mereka.
Utk strategi tertentu anda jangan menggunakan satu media saja, hal ini utk antisipasi jika media yg anda gunakan sedang ada kendala teknis atau maintenance.
Jika ingin bertanya-tanya, silahkan. Akan kami bantu sebisanya.
Misal klo ‘produk ini’ cocok fokus di media mana ya?